Seorang yang tengah kerjakan skripsi atau pekerjaan akhir umumnya bakal belajar memakai SPSS. Sesungguhnya, SPSS sendiri tentu sudah di ajarkan dalam mata kuliah sebelumnya pekerjaan akhir datang. Tetapi, banyak yang belum tahu mengenai langkah memakai SPSS hingga mereka yang bakal kerjakan pekerjaan akhir memakai SPSS bakal belajar dengan dadakan. Langkah memproses data quesioner dgn SPSS 17 bakal dipakai oleh peneliti untuk menguji validitas ataupun uji reabilitas pada data yang sudah diperoleh.

SPSS adalah software yang dapat menolong tiap-tiap peneliti dalam menguji data yang diperolehnya. Pemakaian SPSS umumnya dipakai oleh peneliti yang melahirkan riset kuantitatif. Pemakaian software ini sendiri layak gampang dipahami. Dgn sekian, patutlah mereka yang belajar dadakan mengenai SPSS dapat acap memahami serta tahu. Saat memakai SPSS, banyak rumus dari analisa yang bakal dipakai.
Sebagian rumus salah satunya yaitu rumus analisa pearson, t-test, rumus analisa dubbin-watson, serta banyak lagi rumus analisa yang lain. Peneliti yang memakai data quesioner juga adalah peneliti yang perlu memakai SPSS. Lantas, bagaimana langkah pemrosesan data dalam SPSS?

Ini Dia Langkah Memakai SPSS Untuk Data Kuesionermu

Pilih riset dgn memakai data quesioner adalah alternatif gampang alokasi sebagian peneliti. Langkah memproses data quesioner juga memanglah condong gampang dibanding dgn data yang lain. Langkah pertama yang butuh Awak tekuni dalam memproses data quesioner yaitu dgn menginput data quesioner dalam SPSS. Hal semacam ini dimaksud dgn bagian input data atau data entry. Langkah memasukkan data quesioner kedalam SPSS dapat Awak mulai dgn buka penampilan SPSS terlebih dulu.

Nanti, bakal ada penampilan bagai yang umum Awak saksikan pada Microsoft Excel. Langkah memproses data kuesinoner dgn SPSS 17 selanjutnya yaitu dgn menginput data pada kolom “data view”. Awak dapat menginput semuanya data quesioner Awak pada tab sheet “data view”. Di sana, Awak bisa lihat sebagian menu yang dapat Awak pakai bagai file, windows, help, ubah, view, dsb. Awak dapat memakai menu-menu itu untuk menolong sistem input data quesioner kedalam SPSS.

Kemudian, barulah Awak dapat memproses data bagai untuk menguji validitas ataupun untuk menguji reabilitasnya. Sesudah mengiput data di SPSS, teruskan dgn menghimpit menu analyze serta scale. Pastikan menu rebility analysis untuk menguji reabilitasnya. Saat Awak temukan menu berupa kotak dialog, Awak dapat pilih “alpha” serta teruskan.

Baca : cara memasak selasih

Nanti, bakal nampak output yang Awak butuhkan. Awak mesti membaca output satu per satu dgn sebaik-baiknya untuk mengerti reabilitas dari data quesioner yang sudah Awak input. Ya, tersebut langkah menginput data bersama langkah memproses data quesioner dgn SPSS 17. Beberapa langkah yang dikerjakan mesti berurutan serta sesuai sama dgn prosedur. Mudah-mudahan menolong.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s