Ciblek gunung adalah satu diantara spesies burung Prenjak yang begitu disenangi karna suaranya yang unik. Nada burung yang satu ini disenangi karna rapat atau istilahnya ngebren, terlebih pada spesies burung Ciblek gunung Jantan. Sayangnya burung ini makin langka serta susah diketemukan. Beberapa pengagum Ciblek gunung pasti mesti tau langkah memilah ciblek gunung jantan serta betina. Ini utamanya supaya tidak salah dalam pilih Ciblek yang apik, terlebih bila akan berburu sepasang indukan Ciblek Gunung untuk dipelihara.

Ciblek Gunung
Ciblek Gunung

Ketidaksamaan Ciblek gunung jantan serta betina sebenarnya dapat diliat dari tanda-tanda fisiknya. Umpamanya, ciblek gunung jantan mempunyai badan yang ideal serta seimbang. Tubuhnya tegap atas barometer kepala terlihat lebih gagah dibanding Ciblek gunung betina yang mempunyai tubuh sedikit gemuk serta kurang tegap. Di bagian ekor, ciblek gunung jantan juga mempunyai barometer ekor yang lebih berjarak di banding si betinanya. Ketidaksamaan yang lain yang gampang diliat yaitu ragam paruh pada pejantan terlihat lebih gelap serta kokoh.

Lain ciblek gunung jantan serta betina dewasa dapat juga terlihat, umpamanya dari sisi dubur yang merasa lebih menonjol daripada Ciblek gunung betina. Ada ragam kuning dibagian tenggorokan pada ciblek jantan juga terkadang dapat terlihat untuk memilah dari yang betina. Akan tetapi memilah ciblek gunung jantan serta betina memanglah tidak gampang serta perlu layak latihan supaya punya kebiasaan. Terlebih memilah ciblek gunung yang masih tetap anakan, pasti semakin lebih susah lagi karna tanda-tanda fisiknya belum menonjol.

Langkah memilah ciblek gunung jantan serta betina yang beda yaitu atas mencermati atau dengarkan karakter suaranya. Nada ciblek gunung jantan dewasa lebih rapat, kuat serta terkadang diiringi atas ngeroll bersama sesekali nembak. Ciblek gunung jantan juga lebih gamblang untuk dimaster, lebih acap kuasai beberapa jenis irama. Demikian sebaliknya, ciblek gunung betina mempunyai nada yang lebih datar serta kurang memiliki irama hingga susah disetting.

Akan tetapi ciblek gunung betina dapat dipakai jadi pancingan untuk mendongkrak kekuatan pejantan. Karna biasanya burung jantan dewasa gampang tergoda untuk bertemura andaikan ada burung betina di sekelilingnya untuk menarik perhatian. Demikian pula atas ciblek gunung. Pada habitat aslinya, ciblek gunung jantan menarik burung betina atas suaranya yang lantang serta khas.

Baca Juga : ciri ciri akar bahar asli

Perlu kehati-hatian saat berbelanja burung gres, terlebih ciblek gunung buatan tangkapan dari alam liar. Terkecuali mengerti langkah memilah ciblek gunung jantan serta betina, keadaan kesehatan fisiknya harus juga di perhatikan.

Memanglah, ciblek gunung mempunyai banyak kelebihan dibanding burung yang lain.
Terkecuali mempunyai nada yang menarik serta khas, ciblek gunung juga mempunyai mental perlombaan yang kuat. Andaikan dikelola atas hoki atas perawatan yang ideal serta latihan yang layak serta telaten, ciblek gunung bakal gampang memenangkan beragam perlombaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s